Sunday, November 1, 2009

Review Sony Ericsson G502


Mungkin merupakan handphone SE keluaran lama (April 2008), tapi menurut saya sampai saat ini belum ada produk SE yang mempunyai fitur lumayan lengkap dengan harga yang mudah ditangkap (terjangkau maksudnya). Pertama beli, April 2008, dapat harga Rp. 1.680.000,- . Sedangkan sekarang harganya turun diangka Rp. 1.420.000,- (harga di Celular World Denpasar, Bali). Sedangkan harga secondnya antara Rp. 1.000.000,- sampai Rp.1.200.000,- (harga daerah Denpasar dan tergantung kondisi barang)


Body
Lumayan tipis dan tidak terlalu tebal memakai chasing dengan bahan plastik yang lumayan berkelas dengan list silver mengelilinginya yang menjadikannya tampak elegan.(untuk yang premium black).



Memiliki keypad ukuran kecil memanjang dan agak rapat dengan bahan plastik.Lumayan merepotkan bagi yang mempunyai jari besar sering terpeleset.Tapi saya sendiri tidak ada masalah dalam proses pengetikan,alias lancar.Yang menjadi perhatian disisi ini adalah tombol call-end dan left-right yang gampang mengelupas warna silvernya,saya sendiri belum ada sebulan pemakaian sudah mengelupas.Tapi mungkin juga tergantung user.



Layarnya sudah berjenis TFT dengan kedalaman 262.144 piksel, lumayan terang walaupun terkena terik sinar matahari tetap bisa tertampil dengan jelas.
Slot M2 model semi hotswap,berada disebelah kanan baterai yang apabila kita ingin memasang memori eksternal harus melepas back cover/penutup baterainya terlebih dahulu.Sedikit merepotkan.
M2-nya sendiri tidak disertakan dalam paket penjualan,alias harus beli sendiri.

Performa

HSDPA
Fitur ini yang menjadikan G502 sebagai salah satu ponsel suport HSDPA/3,5G termurah dipasaran.Performanya sendiri bisa diacungi jempol.Keunceng pol..Untuk download file2 kecil ataupun hanya untuk buka2 halaman web.Tapi mungkin tergantung jaringan operator dimasing2 daerah.Di daerah saya sendiri (Renon Civic Centre) logo H/jaringan 3,5G sangat stabil yang menjadikan brosing jadi lancar tanpa masalah.
Selain bisa dimanfaatkan sebagai modem internet G502 bisa juga digunakan untuk video call.Tapi kita akan mengalami sedikit kesulitan apabila ingin melakukan video call berhubung tidak adanya kamera sekunder khusus untuk video call.Fitur video call bisa kita nikmati apabila sudah kita upgrade dengan firmware versi terbaru.Untuk firmware yang lama masih belum suport fitur ini.

Google Maps for Mobile
Sangat berguna bagi yang hobi jalan2 akan bakal terpandu ke tempat tujuan dengan peta virtualnya.Saya sendiri belum pernah mencobanya karena di G502 belum ditanamkan GPS receiver sehingga harus beli secara terpisah perengkat aksesori GPSnya yang nantinya dikoneksikan via bluetooth.

Media Player ver. 3
Media player keluaran lumayan baru dari SE,interfacenya perpaduan SE seri Walkman dan Cybershoot.Mendukung format file yang lumayan banyak.Didukung pilihan equalizer dan fitur Mega Bass.
Keluaran suara lewat loudspeaker sangat memuaskan, bahkan bisa mengalahkan loudspeaker seri W (saya pernah bandingkan uotput suara loudspeaker G502 vs W880 dan W830 hasilnya : lebih mantab G502)

Music player



Video Player



X-Pict Story
Menampilkan gambar-gambar atau hasil foto secara slide show dengan diiringi instrumen yang bisa disesuaikan dengan mood kita (off, slow, happy, energitic)

Kamera
Berkekuatan 2 megapiksel dengan hasil yang cukup memuaskan untuk foto diluar ruangan,sedangkan untuk didalam ruangan terlebih yang sangat minim cahaya sangat mengecewakan,penuh dengan noise.Maklum, tanpa ada lampu flash.Hasil foto bisa langsung dikirim ke blog kita.
Untuk hasil rekaman videonya masih terlihat patah-patah dan pecah/kotak-kotak.

Hasil kamera


Outdor


Indor

Baterai
Menggunakan baterai Li-Polymer 950 mAh yang bisa bertahan 2 hari untuk pemakaian normal bisa berkurang drastis apabila digunakan untuk putar media player dan browsing terus menerus.Saya sendiri pernah mencoba untuk browsing dan putar musik non stop hasilnya mampu betahan kurang lebih 20jam tanpa charge ulang..!!

Kesimpulan
Kelebihan : Desain elegan.Ponsel suport HSDPA dengan kecepatan browsing yang bisa diandalkan termurah yang ada dipasaran.Hasil kamera lumayan bagus untuk ukuran 2 MP.Suport Media Player versi 3 perpaduan seri Walkman dan Cybershoot dengan kualitas output loudspeaker yang tidak mengecewakan.Daya tahan baterai luar biasa.

Kekurangan :
Paket penjualan minim sekali,tanpa M2,kabel data,CD driver.Sering terjadi black screen dan restart sendiri sehingga harus copot baterai (yang saya pakai masih FW versi lama mungkin bisa diatasi dengan up grade ke yang lebih baru)



Semoga bermanfaat


review diambil dari sini
all credits to the creator. 

1 comments:

Copas aja said...

bro jenis game untuk hp ini apa ya sebab jar gak mau di install di hp ini bro mohon bantuannya.. maklum saya gak ngerti soal hp bro.. terimaksih..

Post a Comment

 

echodock © 2009