Saturday, September 19, 2009

Opera Mini 5 Beta Seperti Opera yang 'Sesungguhnya'

Pengguna Opera Mini di dunia mencapai sekitar 20 juta unique user. Sedangkan di Indonesia, pengguna browser untuk perangkat genggam ini melonjak 312 persen dalam setahun. Data tersebut adalah bagian dari laporan State of The Mobile Web pada Januari 2009.

Disebutkan bahwa Indonesia merupakan negara dengan pertumbuhan pengguna tertinggi di antara 10 negara teratas. Tercatat pengguna Opera Mini di Indonesia mencapai 312,08 persen dengan rata-rata halaman yang dibuka 507 halaman per pengguna.

Berkaca pada geliat tersebut, tak ayal Opera semakin memperbaiki fitur-fitur browser mereka melalui Opera mini 5 beta yang baru saja dirilis.

Kejutan Baru

Software mobile browser berbasis J2ME tersebut menunjukan beberapa perubahan tampilan. Setelah selesai menginstal file JAR yang berukuran 220 Kb, tampilan loading pembuka awal kini berlatarkan warna hitam, bukan putih seperti sebelumnya.


Tak hanya itu, dengan perubahan tampilan speed dial, yang kini mirip dengan versi desktopnya. Yang membuat mobile browser ini terasa lebih segar adalah tampilan 9 buah thumbnails yang mirip dengan Opera 10 pada desktop.

Apalagi dengan tabbed browsing, yang membuat pengguna dapat membuka beberapa website sekaligus di waktu yang bersamaan. Tentunya ini adalah hal baru, yang tak terdapat pada versi Opera Mobile sebelumnya. Di samping itu, tampilan menu yang dulu Ada di sisi kiri bawah kini digantikan dengan menu di posisi atas, yang didesain menyatu dengan tombol back, forward, refresh dan exit, semuanya dibalut dalam benaman warna hitamnya. Terkesan sangat simple memang.

Sementara untuk opsi pengaturan (setting), ada tampilan baru yang desainnya cukup menarik. Selain itu pengguna juga dapat merasakan fitur search untuk memudahkan pencarian.

Saat Opera Mini 5 beta digunakan untuk mengakses beberapa situs jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter atau beberapa aplikasi sejenis lainnya, Opera Mini dapat mengingat password pengguna dengan fitur Password manager yang diusungnya. Alhasil, fitur ini sangat cocok digunakan para pengakses internet mobile, kapanpun dan dimanapun. Apalagi dengan pointer baru, yang tak terdapat di versi sebelumnya.

Copy Paste Tulisan

Opera Mini 5 versi beta juga dapat digunakan untuk melakukan copy-paste pada sebuah teks di halaman web. Caranya pun sangat mudah, seperti pada iPhone. Tekan dan tahan tombol 'utama' (atau tombol tengah) pada sebuah teks, hingga muncul tulisan 'select text'. Setelah itu pilih awal dari teks yang akan di copy-paste, hingga selesai. Jika sudah pilih 'use', maka akan ada opsi baru seperti 'Copy', 'Search' atau 'Search With'.

Fitur ini mungkin cocok bagi kalangan blogger dan sejenisnya. Dengan kombinasi tab browsing Dan fitur copy-paste ini, pengguna dapat melakukan hiperlink text secara mudah.

Sayangnya saat dijajal, hal ini hanya dapat dilakukan internal dalam Opera Mini 5 beta. Artinya sebuah teks halaman web, hanya dapat di copy-paste ke tab lain, yang masih ada dalam aplikasi Opera Mini 5 beta. Saat sebuah teks halaman web dicopy ke luar aplikasi, seperti office suite atau notepad, hal itu tak bisa dilakukan. Sungguh sangat disayangkan.

Walau masih dalam tahap versi beta, dengan fitur-fitur baru tersebut kegiatan mobile browsing dengan Opera Mini menjadi lebih berasa, layaknya Opera 'sesungguhnya'. Kita tentu berharap, Opera segera memperbaiki kelemahan dan menyempurnakan keunggulan fitur-fitur tersebut.Klik link berikut untuk mendownloadnya

0 comments:

Post a Comment

 

echodock © 2009