Monday, November 30, 2009

Google Wave : "Mainan" Baru.



Google adalah inovator yang terkenal dengan ide-ide cemerlangnya. Baru-baru ini, mereka kembali merilis produk terbaru mereka yang diberi nama Google Wave.

Google Wave adalah sebuah media online baru yang digunakan untuk berkomunikasi dan berkolaborasi secara langsung (real-time). Dimana  Setiap user akan dimungkinkan untuk berkomunikasi dengan pengguna lainnya, entah itu mengirim e-mail, chatting, sharing foto, video, link,  peta, bahkan game, dll hanya lewat satu tampilan saja.

Kelebihan lain yang ditawarkan oleh aplikasi baru ini adalah sifatnya yang open source sehingga pengguna bebas melakukan modifikasi sesuai dengan keinginan mereka. Google Wave juga merupakan platform yang kaya dengan API terbuka yang memungkinkan pengembang untuk menanamkan wave dalam layanan Web lainnya dan untuk membangun ekstensi yang bekerja di Wave.

Fitur-fitur apa saja sih yang ada di Wave ini ?? mari kita simak :


Pada bagian kiri terdapat menu Navigasi yang terdiri dari Inbox, Setting, Trash dan beberapa komponen lainnya.

Di bawah Menu Navigasi ada bagian Contact yang berisi nama-nama teman kita.

Di bagian tengah, adalah tampilan dari menu Navigasi yang diklik, saat pengguna meng-click Inbox, maka akan melihat tampilan Inbox.

Setiap message pada inbox tersebut akan berubah menjadi sebuah thread ketika diklik yang tampil di bagian paling kanan. Setiap pengguna lain yang bergabung pada thread tersebut akan ditampilkan fotonya dan mereka boleh melakukan reply pada thread tersebut. Mereka dapat meninggalkan pesan di bawah reply yang sudah ada atau bila pengguna itu ingin me-reply pada bagian tertentu pesan mereka, mereka dapat langsung membalas langsung dibawah pesan tertentu tersebut. Si pemilik thread juga dapat mengundang pengguna lain untuk ikut berdiskusi dengan pengguna yang sudah ada di thread tersebut.

Pengguna juga dapat melakukan chat secara real-time di thread tersebut. Apa yang diketik akan lansung tampil di thread tersebut tanpa menekan tombol enter (seperti chat pada YM) .


Pada thread tersebut, pengguna dapat melakukan sharing gambar, video, dan juga menampilkan suatu peta, dan bahkan Google menyediakan game yang dapat dimainkan di thread tersebut.





Untuk dapat menggunakan google Wave, pengguna perlu mendapatkan undangan / invitation agar dapat bergabung dengan layanan tersebut.

Untuk mendapatkan invitation Google Wave ada beberapa cara, diantaranya: Pertama, meminta invitation langsung ke Google-nya di sini, itupun butuh berhari-hari untuk diapprove dan itupun kalo di-approve. he...he... :D
Kedua,mintalah invite ke temen anda yang sudah join, biasanya orang yang udah join dikasih jatah 8 invitations. Saya pun mendapatkan invitation dari teman saya yang gabung di milis Google. (thanks sob..)

Tapi berhati-hatilah pada invitation yang datang pada anda, bisa jadi invitation tersebut merupakan scam. Seperti yang dikutip oleh Vivanews.com
 
Scammer memanfaatkan hal ini dengan berusaha mengambil keuntungan dari kepopuleran Google Wave saat ini. Status Google sebagai brand yang terpercaya sangat membantu untuk mempromosikan malware mereka pada korban yang tidak waspada.

Dari catatan Symantec Security Response yang VIVAnews kutip, 6 November 2009, Symantec telah mendeteksi adanya kampanye yang menjebak orang yang ingin masuk kedalam komunitas Google Wave.

Tidak hanya aplikasi yang bisa menghasilkan undangan Google Wave, tetapi scammer juga menjanjikan uang yang banyak dengan menjual undangan ini kepada orang lain yang ingin mencoba Google Wave. Faktanya, aplikasi yang dijanjikan ini tidak berguna dan sebenarnya adalah malware.


So..
selamat mencari invitation dan
selamat 'ngewave'.

3 comments:

Motherson said...

mantap dah gan infonya. thx keep posting

selfstudy said...

more about self study using internet -ict- you can find in :
http://internet-selfstudy.blogspot.com/

--
google wave is good tools for colaboration

Bambang s said...

Thx informasinya yg sangat menarik

Post a Comment

 

echodock © 2009